ft-sipil.unila.ac.id

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Program Studi S1-Extensi

E-mail Print PDF

LATAR BELAKANG

Persaingan tenaga kerja saat ini semakin ketat dengan berlakunya era perdagangan bebas Asia Tenggara AFTA (Asean Free Trade Area) tahun 2003 dan era perdagangan bebas dunia WTO (World Trade Organisation) tahun 2010. Setiap tenaga kerja dituntut untuk profesional sesuai dengan bidang keahliannya dengan jaminan bahwa pekerjaan tersebut memenuhi standar mutu yang ditetapkan. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 80 tahun 2003 tentang Jasa Konstruksi, maka tenaga kerja yang bergerak di bidang jasa konstruksi dituntut untuk memiliki keahlian dan ketrampilan. Dengan bekal keahlian dan ketrampilan yang dimiliki maka tenaga kerja akan mampu bekerja profesional dengan menunjukkan komitmen pribadi terhadap profesinya, mampu serta unggul dalam melayani kebutuhan masyarakat. Untuk membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tenaga kerja yang profesional di bidang jasa konstruksi seperti tersebut di atas maka Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lampung membuka program Non Reguler S1 Teknik Sipil mulai tahun akademik 2004/2005.

TUJUAN PROGRAM

Tujuan program Non Reguler adalah menghasilkan sarjana: a. Berpola pikir wajar, logis dan rasional dengan pengetahuan dasar teknik yang dapat digunakan untuk menganalisis dan mensintensa bangunan-bangunan sipil; b. Mampu mengelola pekerjaan sipil, memecahkan problem-problem teknik sipil yang akan tumbuh sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi; c. Memiliki pengetahuan yang cukup sebagai bekal mengikuti studi lanjutan.

PROGRAM YANG DIBUKA

Program Non Reguler membuka: a. Program Teknik Sipil S1 dari semester 1- 9 (4,5 tahun) b. Program Teknik Sipil S1 penyetaraan dari D3 Teknik Sipil

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Penyelenggaraan pendidikan menggunakan sistem kredit, dengan menggunakan Satuan Kredit Semester (SKS) untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen dan beban penyelenggaraan program. Sistem penyelenggaraan pendidikan sistem SKS dalam semester ganjil, semester genap dan semester pendek, dimana satu semester maksimum 12 SKS.

FASILITAS PENUNJANG

Fasilitas laboratorium yang dimiliki Jurusan Teknik Sipil Unila cukup lengkap diantaranya: Laboratorium Analisis Struktur, Laboratorium Bahan dan Konstruksi, Laboratorium Ilmu Ukur Tanah, Laboratorium Hidrolika, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Inti Jalan Raya. Disamping itu juga ditunjang dengan studio gambar yang lengkap dan bengkel kerja baja dan kayu. Juga dilengkapi fasilitas di Universitas Lampung yaitu: Balai Bahasa, Perpustakaan, Pusat Komputer, Sarana Olah Raga, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Gedung Serba Guna.

Last Updated on Saturday, 13 November 2010 10:35  
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday297
mod_vvisit_counterYesterday50
mod_vvisit_counterThis week480
mod_vvisit_counterLast week333
mod_vvisit_counterThis month1373
mod_vvisit_counterLast month1245
mod_vvisit_counterAll days713480

We have: 9 guests online
Your IP: 23.20.97.122
 , 
Today: Jun 22, 2017

GTranslate